RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2024
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 1 (pertama)
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi :
1 Siswa mampu
membaca, membedakan,
memahami kandungan, serta mampu
menghafal Al
Quran surat Al Ma'un
Kompetensi Dasar :
1. Melafalkan Al Quran Surat Al Ma'un
2. Menganal arti Al Quran Surat Al Ma'un
3. Menghafal Al Quran surat Al ma'un
Indikator: 1. Membaca dengan fasih QS. Al Ma’un
2. Menyebutkan Isi
dan merenungi kandungan QS AL Ma’un
3. Menunjukkan Lafal QS. Al Ma’un
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengamati
kandungan surat Al Ma’un
2. Meyakini isi dan
kandungan surat Al Ma’un
II. Materi ajar :
1.
Surat –
Surat Al Quran Pilihan
a.
Surat Al
Ma’un
1)
Pengertian
Surat Al Ma’un
2)
Bacaan Surat
Al Ma’un
3)
Kandungan
isi/arti surat Al Ma’un
III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
Strategi : Pembelajaran Aktive
Learning
Metode
Pembeljaran : Klasikal dan Tebak
Kalimat
Model
Pembelajaran : Patisipators
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
1. Guru Mengucapan salam “ Assalamu’alaikum wr.wb”
2. Menyampaikan kabar dan selamat kenaikan kelas
3. Menyampaikan gambaran umum tentang
materi ajar
4. Menyampaikan tujuan dan target
pembelajaran terhadap materi
5. Motivasi agar aktif diskusi, dan selalu belajar serta memperhatikan guru yang
memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk mambaca denga fasih dan
memahami arti Surat Al Ma’un serta siswa diajak untuk mencari pisahan-pisahan
kalimat tiap-tiap ayat dalam QS Al Ma’un ini, serta peserta didik mencari
padanan arti masing-masing arti dengan lafal arabnya.
|
15
|
|
Elaborasi :
1.
Klasikal.
a.
Siswa
diminta untuk membaca bersama – sama dan tes individual .
b.
Siswa
diminta untuk mengartikan setiap ayat yang sudah dibaca.
c.
Guru
menjelaskan singkat tentang poin penting yang terkandung dalam QS Al Ma’un
2.
Tebak
Kalimat
a.
Siswa
diberi waktu untuk membaca arti QS Al Ma’un yang tercantum didalam Al Quran
terjemahan/ buku paket
b.
Siswa
boleh berkelompok mendiskusikan Setiap arti dan makna perkata dalam QS Al
Ma’un
c.
Siswa
diminta untuk mencari Padanan arti dari lembar – lembar ayat yang telah
dipotong-potong oleh guru
d.
Siswa
diminta untuk mencocokkan didepan kelas
|
20
|
|
Konfirmasi :
1.
Mengklarifikasi
hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
2. Guru bersama siswa berusaha untuk
menyimpulkan bersama hasil
eksplorasi mencari ciptaan Allah dilingkungan sekolah.
3. Memberi apresiasi terhadap kelompok atau individu yg paling baik dan selalu memperhatikan.
4. Memberi teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
Penutup
|
1.
Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi diri terhadap hasl
diskusi
2.
Post
tes
3.
Guru
memberi tugas kepada siswa agar menghafalkan QS. Al Ma’un
4.
Memberikan
informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
Papan Tulis, Spidol, Quran
terjemahan, Meja praktek,ATK, Kertas bertulis ayat per ayat dan
arti perarti. Isolasi,
gunting, kertas manila.
VI. Sumber belajar
a.
Buku Pedoman
PAI :
Sarijan, dkk, 2008, Pendidikan
Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman 2, Yogyakarta: Majelis
Dikdasmen PWM Yogyakarta.
b.
Al Quran
terjemahan / Jus Amma
c.
Kepala
Sekolah
d.
Pengalaman
Guru
e.
Internet
f.
Kastir,
ibnu, 2005,tafsir jus amma, Jakarta Selatan : Pustaka Azam
g.
LCD/ATK, dll
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas individu
2. Bentuk penilaian
a.
Penugasan
berupa tagihan hafalan
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3 4 5 6 7 8 9 10 |
Al Maun artinya :....
QS Al Maun memiliki :....ayat
QS Al Maun diturunkan di kota :......
Tuliskan QS Al Ma’un ayat 1 (satu) :.......
Anak yatim adalah :.....
Orang miskin adalah :....
Sebutkan 5 macam sholat wajib :....
Tuliskan arti QS AL Maun ayat 1 (satu):....
Al Maun termasuk golongan surat :....
Sebutkan 4 (empat) isi dari QS Al Ma’un :....
|
Barang yang berguna
7 ayat
Mekkah
Ara aitalladziyukadzibu biddin
Anak yang salah 1 orang tuanya meninggal
Orang yang sulit dalam hidup
Isya’, subuh, duhur, asahar, maghrib
Taukah kamu orang yang mendustakan agama
ndikasi orang-orang yang mendustakan agama diantaranya
adalah tidak mau memberi makan orang miskin, menghardik anak yatim, lalai
dalam shalat, berbuat riya’ dalam beramal, enggan meminjamkan barang
miliknya.
|
10
5
|
Nilai = (10 + 5 ) X 2
3
4.
Penilaian
afektif
a.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam melaksanakan tugasnya.
b.
Guru
Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang, 15 Agustus 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt :
Perencanaan
: ……………………………………………………………………
Pelaksanaan : .…………………………………………………………………
Hasil Pembeljaran : ……………………………………………………………………
Tindak lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar