RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 7 (KeTujuh)
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar
Kompetensi : 1 Siswa dapat mendalami sifat-sifat
terpuji, rendah hati dan sifat
sederhana. Serta mampu mengaktualisasi
nilai-nilai
yang terkandaung didalam
sifat-sifat terpuji, rendah hati
dimaksud.
Kompetensi Dasar :
1. Menampilkan adab terhadap ayah dan
bunda dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
1. Menyebutkan
adab kepada Ayah dan bunda
dalam prilaku sehari hari
2. Menyebutkan adab
berbakti kepada orang
tua ketika sakit
3. Menyebutkan Adab berbakti kepada orang
tua
ketika sudah meninggal
4. Menyebutkan doa kepada kedua orang tua.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Sisa mampu mengaplikasikan
nilai-nilai birul
walidain/berbakti kepada kedua orang tua
2. Siswa memahami
bahwa berbakti kepada orang tua adalah
kewajiban
II. Materi ajar :
1.
Adab
terhadap ayah dan ibu
a.
Doa kepada
kedua orang tua
b.
Tatacara
berbakti kepada kedua orang tua ketika sehat
c.
Tatacara
berbakti kepada kedua orang tua ketika sakit
d.
Tatacara
berbakti kepada kedua orang tua ketika sudah meninggal
III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
Strategi Pembelajaran : Active Learning Strategy
Metode
Pembeljaran : TRADING PLACE
Model
Pembelajaran : Patisipators
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
a.
Guru
Mengucapan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb”
b.
Menyampaikan
kabar kepada siswa
c.
Menyampaikan
gambaran umum tentang materi ajar
d.
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
e.
Motivasi
agar aktif diskusi, dan selalu belajar
serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk lebih
mengenal, tukar menukar pendapat dan mempertimbangkan gagasan, nilai atau
pemecahan baru terhadap adab terhadap kedua
orang tua.
|
15
|
|
Elaborasi :
1.
Beri
peserta didik satu atau lebih catatan-catatan Post-it (catatan singkat mengenai nifaq)
2.
Mintalah
mereka untuk menulis dalam catatan mereka
salah satu dari hal berikut :
a. Apa arti birul walidain
b. Pernahkan
kita menentang perintah orang tua
c. Sebuah
ide atau solusi kreatif terhadap sifat durhaka
yang harus kita hindari
d. Sebuah pertanyaan yang mereka
miliki mengenai persoalan
dari mata pelajaran
e. Sebuah opini yang mereka pegang
tentang sebuah topik
yang telah ditentukan
f. sebuah fakta tentang mereka sendiri atau
persoalan
3. mintalah
peseta didik menaruh (menempelkan) catatan tersebut pada pakaian mereka
dan mengelilingi ruangan dengan atau sambil membaca tiap catatan milik
peserta yang lain
4. Kemudian,
suruhlah para peserta didik berkumpul sekali lagi dan mengasosiasikan sebuah
pertukaran catatan-catatan yang telah diletakkan pada tempatnya (trade of
Post-it notes) satu sama lain. Pertukaran itu hendaknya didasarkan pada
sebuah keinginan untuk memiliki sebuah nilai, pengalaman, ide, pertanyaan,
opini atau fakta tertentu dalam waktu yang singkat. Doronglah peserta didik
untuk membuat sebanyak mungkin pertukaran yang mereka sukai.
5. Kumpulkan
kembali kelas tersebut dan mintalah para peserta didik berbagi pertukaran apa
yang mereka buat dan mengapa demikian.
|
20
|
|
Konfirmasi :
1.
Mengklarifikasi
hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
2.
Guru
bersama siswa berusaha untuk menyimpulkan hasil diskusi dengan model TRADING
PLACE
3.
Guru
menunjuk secara siswa yang sudah selesai melengkapi penggalan ayat dimaksud.
4.
Guru
meminta siswanya untuk membaca hasil diskusi.
5.
Memberi
teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
Penutup
|
1.
Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi diri terhadap hasl
diskusi
2.
Post
tes
3.
Guru memberi
tugas kepada siswa berkaitan dengan Bab berbakti kepada kedua orang tua
4.
Memberikan
informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
Papan Tulis, Spidol, ATK, kertas karton ukuran
90 X 50 Cm, LCD, Ruang Multimedia
VI. Sumber belajar
1.
Buku Pedoman
PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan
Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis
Dikdasmen PWM Yogyakarta.
2.
Al Quran
terjemahan / Jus Amma
3.
Buku Kuliah
Akhlaq
Ilyas, Yunahar,2005, Kuliah
Akhlaq, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
4.
Kepala
Sekolah
5.
Bahan dari
artikel Internet
6.
Pengalaman
Guru
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas individu
2.
Bentuk
penilaian
a.
Penugasan
berupa soal – soal
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
|
Ceritakanlah kisah malinkundang atau sahabat Al Qomah
yang durhaka kepada ibunya
Tuliskan doa untuk kedua orang tua
Artikanlah doa untuk kedua orang tua
|
Seorang anak lakilaki yang minta izin untuk merantau
kenegri tetangga, setelah sukses anak tersebut pulang kampung. Ketika bertemu
dengan ibunya, sianak tidak mau mengakui bahwa ia adalah ibunya, sehingga
anak tersebut dikutuk menjadi batu.
Allahummagh firlii wali wali dayyaa war kham ghuma
kamaa rabbayanii shaghiraa
Ya Tuhanku ampunilah aku, ampunilah kedua orang tuaku,
peliharalah mereka berdua sebagaimana mereka memelihara aku sewaktu aku masih
kecil
|
5
5
5
|
Nilai = (5 + 5 +
5) X 2 = 10
3
1.
Penilaian
afektif
a.
Guru mengamati
keaktifan siswa dalam setiap kelompok..
b.
Guru
Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
c.
Guru
mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang, 16 Juli 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt
:
Perencanaan :
……………………………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan :……………………………………………………………………………………………………………
Hasil
Pembeljaran: ……………………………………………………………………………………………………………
Tindak
lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar