RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi :
1 Membaca QS Al Quraisy dengan benar dan memahami
kandungan
ayat dimaksud
Kompetensi Dasar :
1. Membaca dan mengenal isi
Indikator :
1. Membaca dengan fasih,
2. Menyebutkan
dan merenungi kandungan QS Al Quraisy
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengamati
kandungan surat QS Al Quraisy
2. Meyakini isi dan
kandungan surat QS Al Quraisy
II. Materi ajar :
1. Surat – Surat Al Quran Pilihan
A. Surat QS Al Quraisy
·
Pengertian
Surat QS Al Quraisy
·
Bacaan Surat
QS Al Quraisy
·
Kandungan
isi surat QS Al Quraisy
III. Strategi,Metode, dan Model PembelajaranStrategi Pembelajaran Aktive
Learning
Metode
Pembeljaran : Klasikal dan Question
Student Have
Model
Pembelajaran : Patisipators
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
1.
Guru
Mengucapan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb”
2.
Menyampaikan
kabar setelah liburan
3.
Menyampaikan
gambaran umum tentang materi ajar
4.
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
5.
Motivasi
agar aktif diskusi, dan selalu belajar
serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk mambaca denga fasih dan
memahami arti Surat QS Al Quraisy serta diajak untuk bermain kartu dengan
tulisan penggalan QS Al Quraisy, kemudian guru meminta untuk menghafal setiap
lebaran kartu
|
15
|
|
Elaborasi :
1. Klasikal.
a.
Siswa
diminta untuk membaca bersama – sama dan tes individual .
b.
Siswa diminta
untuk mengartikan setiap ayat yang sudah dibaca.
c.
Guru
menjelaskan singkat tentang poin penting yang terkandung dalam QS Al Quraisy
2. Question Student Have
a.
Bagikan
kartu kosong kepada siswa
b.
Mintalah
setiap siswa menulis beberapa ayat yang terdapat dalam QS Al Quraisy yang mereka miliki
c.
Putarlah
kartu tersebut searah keliling jarum jam. Ketika setiap kartu diedarkan pada
peserta berikutnya, peserta tersebut harus membacanya dan menghafalnya
d.
Saat
kartu kembali pada penulisnya, setiap peserta telah memeriksa semua
tulisannya yang diajukan oleh kelompok tersebut.
e.
Panggil
beberapa peserta untuk mengulang hafalan sesuai kartu yang telah didapat
f.
Kumpulkan semua kartu. Dan berusaha untuk
mengurutkan dan menjodohkan ayat pertama sampai ayat terakir QS Al Quraisy
|
20
|
|
Konfirmasi :
1. Mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
2. Guru bersama siswa berusaha untuk
menyimpulkan bersama
hasil diskusi dengan model Question Student Have
3. Guru menunjuk secara acak siswa
yang akan menyampaikan hafalannya.
4. Memberi apresiasi terhadap kelompok atau individu yg paling baik dalam hafalannya
5. Memberi teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
Penutup
|
1. Guru dan peserta
didik melakukan refleksi diri terhadap hasl diskusi
2. Post tes
3. Guru memberi tugas kepada siswa
agar menghafalkan QS Al Quraisy
4. Memberikan informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
Papan Tulis, Spidol, ATK,
Kertas Kesil Ukuran 10 X 5 Cm sejumlah anak,
VI. Sumber belajar
a.
Buku Pedoman
PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan
Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis
Dikdasmen PWM Yogyakarta.
b.
Al Quran
terjemahan / Jus Amma
c.
Kepala
Sekolah
d.
Pengalaman
Guru
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas individu
2.
Bentuk
penilaian
a.
Penugasan
berupa tagihan hafalan
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
|
Tliskan 5 ayat saja dari QS Al Quraisy, bebas !
Hafalkan dengan artinya ayat 1 - 5
|
É#»n=\} C·÷tè% ÇÊÈ öNÎgÏÿ»s9¾Î) s's#ômÍ Ïä!$tGÏe±9$# É#ø¢Á9$#ur ÇËÈ (#rßç6÷èuù=sù ¡>u #x»yd ÏMøt7ø9$# ÇÌÈ üÏ%©!$# OßgyJyèôÛr& `ÏiB 8íqã_ NßgoYtB#uäur ô`ÏiB ¤$öqyz ÇÍÈ
1.
Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,
2.
(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim
panas[1602].
3.
Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan
Pemilik rumah Ini (Ka'bah).
4. Yang Telah memberi makanan kepada mereka
untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
|
5
10
|
Nilai = (10 + 5 ) X 2
3
4.
Penilaian
afektif
a.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam melaksanakan tugasnya.
b.
Guru
Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
c.
Guru
mengamati tentang hafalan siswa
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang,
15 Agustus 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt
:
Perencanaan :
………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan
:…………………………………………………………………………………………
Hasil
Pembeljaran :
………………………………………………………………………………………
Tindak
lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar