Kamis, 26 Desember 2013

Contoh Pertemuan 8 RPP E E K PAI kelas 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014



Mata Pelajaran      : PAI
Kelas/Semester      : II Semester I
Pertemuan ke        : 8  (Kedelapan)
Alokasi Waktu       : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi  : 1  Tertanam kesadaran shalat bagi siswa, 
                         dan mampu mema hami, menghafal,                                                    
                         mengaktualisasi ibadah shalat ini dalam 
                         perilaku sehari-hari.

Kompetensi Dasar    : 1. Memahami tatacara shalat
                      2. Menghafal bacaan Shalat

Indikator           : 1. Menyebutkan arti, hukum, adab dan urutan 
                         gerakan shalat
                      2. Menghafal doa iftitah, Al fatihah
                      3. menghafal doa ruku’, sujud, i’tidal, 
                         tasyahaud awal dan akhir

I. Tujuan Pembelajaran :
                1.  Sisa mampu melakukan gerakan shalat dengan 
                    benar sesuai tuntunan Rasul
                2.  Siswa memiliki kesadaran bahwa shalat adalah 
                    kewajiban setiap muslim.

II. Materi ajar     :
1. Hal – hal yang berkaitan dengan shalat
a.       Shalat fardhu dan tatacaranya
b.      Bacaan shalat dari takbir sampai salam

III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
     Strategi   Pembelajaran          : Active Learning Strategy
                Metode Pembeljaran    : Resume kelompok
                Model Pembelajaran    : Patisipators

Langkah-langkah Pembelajaran

Petemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Awal
·         Guru Mengucapan salam “ Assalamu’alaikum wr.wb”
·         Menyampaikan kabar kepada siswa
·         Menyampaikan gambaran umum tentang materi ajar
·         Menyampaikan tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
·         Motivasi agar aktif diskusi, dan selalu belajar serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.

10 menit
Inti
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk melakukan resume kelompok yang  merupakan cara yang menyenangkan untuk membantu para peserta didik lebih mengenal atau melakukan kegiatan membangun tem dari sebuah kelompok yang para anggotanya telah mengenal satu sama lain dengan praktek shalat berjamaah.
15

Elaborasi :
1.       Bagilah peserta didik ke dalam kelompok sekitar 3 sampai 6 anggota
2.       Beritahukan kelas itu bahwa kelas berisi sebuah kesatuan bakat dan pengalaman yang sangat hebat
3.       sarankan bahwa salah satu cara untuk mengenal dan menyampaikan sumber mata pelajaran adalah dengan membuat resume kelompok.
4.       Berikan kelompok gambar gerakan shalat dan tata caranya untuk menunjukkan resume mereka. Resume tersebut seharusnya memasukkan beberapa informasi yang bisa mewakili kelompok tersebut secara keseluruhan. Data yang disertakan adalah, hukum shalat, bacaan dalam melakukan shalat, dan gerakan shalat. 
5.       Ajaklah masing-masing kelompok untuk menyampaikan resumenya

20

Konfirmasi :
·         Mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
·         Guru bersama siswa berusaha untuk menyimpulkan hasil diskusi dengan model Resume kelompok
·         Guru menunjuk secara siswa yang sudah selesai melengkapi penggalan ayat dimaksud.
·         Guru meminta siswanya untuk membaca hasil diskusi
·         Memberi teguran kepada peserta didik yg kurang aktif dalam proses pembelajaran.
15
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi diri terhadap hasl diskusi
·         Post tes
·         Guru memberi tugas kepada siswa berkaitan dengan Bab Nifaq
·         Memberikan informasi materi yang akan datang
10 menit

V. Alat (Bahan)  :
 Papan Tulis, Spidol, ATK, kertas karton ukuran 90 X 50 Cm, Serambi masjid.

VI. Sumber belajar
1.         Buku Pedoman PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PWM Yogyakarta.
2.         Al Quran terjemahan / Jus Amma
3.         Buku Kuliah Akhlaq
Ilyas, Yunahar,2005, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
4.         Kepala Sekolah
5.         Bahan dari artikel Internet
6.         Pengalaman Guru
7.         Majelis Tarjih, HPT (Himpunan Putusan Tarjih), PP Muhammadiyah, Jogjakarta

VII.Evaluasi
1.         Jenis tagihan : tugas kelompok
2.         Bentuk penilaian
a.       Penugasan berupa soal – soal
b.      Pengamatan terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.         Bentuk Instrumen
Soal :
NO
Pertanyaan
Jawaban
Skor
1








2




3


Tuliskan ayat Allah QS Al Baqarah : 43 yang menerangkan kewajiban untuk melakukan ibadah shalat



Sebutkan gerakan shalat yang kamu ketahui


Sebutkan shalat fardu yang kamu ketahui
(#qßJŠÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèx.ö$#ur yìtB tûüÏèÏ.º§9$# ÇÍÌÈ 
Dan Dirikanlah shalat, tunaikan lah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'

Takbir, ruku’, i’tidal, sujud, duduk tawaruk, duduk iftirosy,salam

Isya’, Subuh, Duhur, Asar, Maghrib
5








5




5

Nilai  = 5 X 3 X  2    = 10
             3 
4.         Penilaian afektif
·           Guru mengamati keaktifan siswa dalam setiap kelompok..
·           Guru Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
·           Guru mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.

Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT



Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP : 1973 0719 1996 03 1 001
Magelang, 16 Juli 2013
Guru Pengampu



Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834

Catt :
Perencanaan         : ……………………………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan         : ……………………………………………………………………………………………………………
Hasil Pembeljaran   : ……………………………………………………………………………………………………………
Tindak lanjut       : Remidi/pengayaan ????


Tidak ada komentar:

Posting Komentar