RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 5 (Kelima)
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar
Kompetensi :
1 Siswa dapat mendalami sifat-sifat
terpuji, rendah hati dan sifat sederhana.
Serta mampu mengaktualisasi nilai-nilai
yang terkandaung didalam sifat-
sifat terpuji, rendah hati dimaksud.
Kompetensi
Dasar :
1. Menampilkan prilaku rendah hati,
rajin dan sederhan
Indikator :
1. Menyebutkan makna rendah
hati, rajin, dan sederhana.
1.
Menyebutkan ciri-ciri prilaku rendah hati, rajin, dan sederhana
2.
Menyebutkan contoh rendah hati, rajin, dan sederhana.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa
memiliki sifat-sifat terpuji, rendah hati, dan sederhana dalam hidup
2. Siswa berprilaku terpuji, rendah hati, dan sederhana
dalam hidup
II. Materi ajar :
1.
Pengertian rendah
hati, rajin, dan sederhana
2. Keuntungan rendah hati, rajin, dan
sederhana
3. Ciri-ciri rendah hati, rajin, dan
sederhana
III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
Strategi Pembelajaran : Active Learning Strategy
Metode
Pembeljaran : Klasikal dan Synergetic Teaching
Model
Pembelajaran : Patisipators
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
a.
Guru
Mengucapan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb”
b.
Menyampaikan
kabar kepada siswa
c.
Menyampaikan
gambaran umum tentang materi ajar
d.
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
e.
Motivasi
agar aktif diskusi, dan selalu belajar
serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk mencari contoh prilaku
terpuji, rendah hati, dan sederhana membuat cerita singkat prilaku-prilaku
terpuji, rendah hati, dan sederhana yang pernah dialami oleh diri siswa
|
15
|
|
Elaborasi :
1. Klasikal.
a.
Siswa
diminta menjawab instrumen yang telah dibuat oleh guru
b.
Siswa
diminta untuk mencermati instrumen yang telah disediakan
c.
Guru
menjelaskan singkat tentang poin penting yang terkandung dalam Instrumen
terpuji, rendah hati, dan sederhana,
2. Synergetic Teaching
a.
Bagi
kelas menjadi dua kelompok
b.
Salah
satu kelompok dipisahkan ke ruang lain untuk membaca topik pelajaran
c.
Kelompok yang lain diberikan materi
pelajaran yang sama dengan metode yang diinginkan oleh guru.
d.
Pasangkan
masing-masing anggota kelompok pembaca dan kelompok penerima materi pelajaran
dari guru dengan tugas menyimpulkan/meringkas materi pelajaran.
|
20
|
|
Konfirmasi :
1. Mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
2. Guru bersama siswa berusaha untuk
menyimpulkan hasil
diskusi dengan model Synergetic Teaching
3. Guru menunjuk secara siswa yang
sudah selesai melengkapi instrumen yang telah disediakan.
4. Guru meminta siswanya untuk
membaca hasil diskusi kelompoknya
5. Memberi teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
Penutup
|
1.
Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi diri terhadap hasl
diskusi
2.
Post
tes
3.
Guru
memberi tugas kepada siswa berkaitan dengan pokok pelajaran
4.
Memberikan
informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
2 (dua) Ruang kosong, Papan
Tulis, Spidol, ATK, kertas karton ukuran 90 X 50 Cm, kertas HVS
VI. Sumber belajar
1.
Buku Pedoman
PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan
Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis
Dikdasmen PWM Yogyakarta.
2.
Al Quran terjemahan
/ Jus Amma
3.
Kepala
Sekolah
4.
Pengalaman
Guru
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas kelompok
2.
Bentuk
penilaian
a.
Penugasan
berupa soal – soal
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
|
Buatlah contoh sikap rendah hati
Pernahkan anda berprilaku terpuji
Sikap yang harus dikembangkan kepada teman kita adalah
|
Maumengkui kelebihan
orang lain
Pernah, ketika saya
meminjamkan pensil teman
Sopan dalam bergaul,
jujur, baik hati, rendah hati, tidak sombong, dll
|
5
5
5
|
Nilai = ( 5 + 5 +
5) X 2 = 10
3
4.
Penilaian
afektif
a.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam setiap kelompok..
b.
Guru
Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
c.
Guru
mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang, 15 Agustus 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt
:
Perencanaan :
…………………………………………………………………………………
Pelaksanaan :…………………………………………………………………………………
Hasil
Pembeljaran :
…………………………………………………………………………………
Tindak
lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar