RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi : 1 Membaca QS Al Fiil dengan benar dan memahami kandungan
ayat dimaksud
Kompetensi Dasar :
1. Membaca dan mengenal isi
Indikator :
1. Membaca dengan fasih,
2. Menyebutkan
dan merenungi kandungan
QS Al Fiil
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengamati
kandungan surat QS Al Fiil
2. Meyakini isi dan
kandungan surat QS Al Fiil
II. Materi ajar :
1. Surat – Surat Al Quran Pilihan
A. Surat QS Al Fiil
·
Pengertian
Surat QS Al Fiil
·
Bacaan Surat
QS Al Fiil
·
Kandungan
isi surat QS Al Fiil
III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
Strategi : Pembelajaran Aktive
Learning
Metode
Pembeljaran : Klasikal dan Reconnecting
Model
Pembelajaran : Patisipators
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
1.
Guru
Mengucapan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb”
2.
Menyampaikan
kabar setelah liburan
3.
Menyampaikan
gambaran umum tentang materi ajar
4.
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
5.
Motivasi
agar aktif diskusi, dan selalu belajar
serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk mambaca denga fasih dan
memahami arti Surat QS Al Fiilserta diajak untuk bermain kartu dengan tulisan
penggalan QS Al Fiil, kemudian guru Mengacak kartu dan menjodohkan sesuai
urutan ayat
|
15
|
|
Elaborasi :
1. Klasikal.
·
Siswa diminta
untuk membaca bersama – sama dan tes individual .
·
Siswa
diminta untuk mengartikan setiap ayat yang sudah dibaca.
·
Guru
menjelaskan singkat tentang poin penting yang terkandung dalam QS Al Fiil
2. Reconnecting
·
Bagikan
kartu dengan tulisan 1 (satu) ayat QS Al
Fiilsecara acak kepada siswa
·
Mintalah
setiap siswa menulis di buku catatan sesuai
dengan tulisan di kartu yang mereka miliki.
·
Siswa
diminta untuk mencari urutan ayat dengan menukar kartu dengan temannya
·
Setelah
mendapatkan urutan ayat dar temannya, mereka diminta untuk menuliskan
urutannya.
·
Sampai
siswa menulis dengan urut dan lengkap QS Al Fiil yang sudah tersedia di
masing-masing kartu
·
Kumpulkan semua kartu. Dan berusaha untuk
mengurutkan dan menjodohkan ayat pertama sampai ayat terakhir QS Al Fiil
|
20
|
|
Konfirmasi :
·
Mengklarifikasi
hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
·
Guru
bersama siswa berusaha untuk menyimpulkan hasil diskusi dengan model Reconnecting
·
Guru
menunjuk secara siswa yang sudah selesai melengkapi penggalan ayat dimaksud.
·
Guru
meminta siswanya untuk membaca dengan benar dan fasih
·
Memberi
teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
Penutup
|
·
Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi diri terhadap hasl
diskusi
·
Post
tes
·
Guru memberi
tugas kepada siswa berkaitan dengan isi QS Al Fiil.
·
Memberikan
informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
Papan Tulis, Spidol,
ATK, Kertas Kecil Ukuran 10 X 5 Cm dengan tulisan penggalan ayat,
sejumlah anak
VI. Sumber belajar
a.
Buku Pedoman
PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan
Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis
Dikdasmen PWM Yogyakarta.
b. Al Quran terjemahan / Jus Amma
c. Kepala Sekolah
d.
Pengalaman
Guru
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas individu
2.
Bentuk
penilaian
a.
Penugasan
berupa soal – soal
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
|
Sebutkan kandungan
QS Al Fiil
Surat Al Fiil terdiri dari... ayat, dan tergolong
surat... karena diturunkan di ....
QS Al Fiil memiliki makna bahwa ....
|
1.
Pasukan
berga jah
2.
Burung
ababil
3.
Balasan
bagi orang yang ingin menghancurkan ka’bah
5 ayat, Makkiyah,
Mekkah
Pasukan bergajah
|
6
3
1
|
Nilai = 6 + 3 + 1 =
10
4.
Penilaian
afektif
a.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam melaksanakan tugasnya.
b.
Guru
Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
c.
Guru
mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang, 16 Agustus 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt
:
Perencanaan :
……………………………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan : ……………………………………………………………………………………………………………
Hasil
Pembeljaran :
……………………………………………………………………………………………………………
Tindak
lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar