Kamis, 26 Desember 2013

Contoh Pertemuan 6 RPP E E K PAI kelas 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Mata Pelajaran     : PAI
Kelas/Semester     : II Semester I
Pertemuan ke       : 6 (Keenam)
Alokasi Waktu      :  2 Jam Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi : 1. Siswa dapat mendalami sifat-sifat terpuji, rendah hati dan sifat sederh Serta mampu mengaktualisasi nilai-nilai yang terkandaung didalam sifat-sifat terpuji, rendah hati dimaksud.

Kompetensi Dasar      : 1. Menampilkan adab mandi, buang air 
                           besar maupun buang air kecil
Indikator             : 1. Menyebutkan adab mandi, buang air 
                           besar, dan buang air kecil
                        2. Memperagakan adab mandi, buang air 
                           besar dan kecil

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengerjakan adab bersih diri sesuai tuntunan 
   Rasulullah.
2. Siswa memahami tatacara adab bersih diri dengan baik dan 
   benar.

II. Materi ajar     :
1.       Adab mandi bagi seorang muslim
2.       Adab buang air besar dan air kecil bagi seorang muslim
3.       Tatacara mandi, dan buang air besar maupun kecil

III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
    Strategi                Pembelajaran Aktive Learning
                Metode Pembeljaran    : Klasikal dan Card Sort
                Model Pembelajaran     : Patisipators

Langkah-langkah Pembelajaran

Petemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Awal
1.       Guru Mengucapan salam “ Assalamu’alaikum wr.wb”
2.       Menyampaikan kabar hari ini.
3.       Menyampaikan gambaran umum tentang materi ajar
4.       Menyampaikan tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
5.       Motivasi agar aktif diskusi, dan selalu belajar serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
10 menit
Inti
Eksplorasi :
Guru memperluhatkan sebuah gambar / poster orang yang sedang mandi, buang air besar dan kecil. Kemudian siswa diajak untuk mengabstraksi/menggambarkan dengan bentuk cerita tertulis dalam buku catatan.

15

Elaborasi :
1.    Klasikal.
a.       Guru menjelaskan singkat tentang bagian-bagian dalam gambar
b.      Siswa diminta untuk menebak gambar yang sudah disediakan
c.       Guru meminta siswa untuk mencari tatacara mandi, buang air besar maupun air kecil
2.     Card Sort
a.        Masing-masing siswa diberikan kartu indek yang berisi materi pelajaran.
b.      Kartu indek dibuat berpasangan berdasarkan definisi, kategori/kelompok, misalnya kartu yang berisi tatacara dan adab mandi, buang air besar mapun kecil.
c.       Makin banyak siswa makin banyak pula pasangan kartunya.
d.      Guru menunjuk salah satu siswa yang memegang kartu.
e.      Siswa yang lain diminta berpasangan dengan siswa tersebut bila merasa kartu yang dipegangnya memiliki kesamaan definisi atau kategori.
f.         Agar situasinya agak seru dapat diberikan hukuman bagi siswa yang melakuan kesalahan.
g.       Jenis hukuman dibuat atas kesepakatan bersama.
h.       Guru dapat membuat catatan penting di papan tulis pada saat prosesi terjadi.
20

Konfirmasi :
a.         Mengklarifikasi hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
b.        Guru bersama siswa berusaha untuk menyimpulkan hasil diskusi dengan model Card Sort
c.         Guru menunjuk secara siswa yang sudah selesai menari pasangan kartu yang benar dalam mengkodifikasi adab mandi, buang air besar maupun air kecil.
d.        Guru meminta siswanya untuk membaca dengan benar
e.        Memberi teguran kepada peserta didik yg kurang aktif dalam proses pembelajaran.
15
Penutup
a.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi diri terhadap hasl diskusi
b.      Post tes
c.       Guru memberi tugas kepada siswa berkaitan dengan tatacara mandi, buang air besar maupun kecil sesuai dengan tuntunan nabi
d.      Memberikan informasi materi yang akan datang
10 menit

V. Alat (Bahan)  :
Papan Tulis, Spidol, ATK, Kertas Kecil Ukuran 10 X 5 Cm dengan tulisan penggalan ayat, sejumlah anak, dan hukum tawidnya.

VI. Sumber belajar
1.    Buku Pedoman PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PWM Yogyakarta.
2.    Al Quran terjemahan / Jus Amma
3.    Kepala Sekolah
4.    Pengalaman Guru

VII.Evaluasi
1.    Jenis tagihan : tugas individu
2.    Bentuk penilaian
a.    Penugasan berupa soal – soal
b.    Pengamatan terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.    Bentuk Instrumen
Soal :

NO
Pertanyaan
Jawaban
Skor
1



2



3



Agar badan kita bersih maka kita harus ?

Peralatan apa saja yang harus disiapkan ketika kita hendak mandi ?

Sebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam kamar mandi ?

Mandi, gosok gigi



Handuk, sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, air, gayung

Bernyanyi, berbicara, bersiul, berlama-lama, membaca ayat Allah.
2



5




5




Nilai  = (2 + 5 + 5) X 5   = 10
                         6

4.       Penilaian afektif
a.       Guru mengamati keaktifan siswa dalam melaksanakan tugasnya.
b.      Guru Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
c.       Guru mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.

Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT



Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP : 1973 0719 1996 03 1 001
Magelang, 16 Juli 2013
Guru Pengampu



Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834

Catt :
Perencanaan        : ……………………………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan        :……………………………………………………………………………………………………………
Hasil Pembeljaran : ……………………………………………………………………………………………………………
Tindak lanjut     : Remidi/pengayaan ????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar