RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 4 (ke ekmapt)
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi :
1 Siswa dapat menganalisi isi rukun
iman ke 2 (dua) yang berbunyi " iman kepada malaikat. Dan siswa mampu
menyebutkan nama-nama malaikat serta menyebutkan tugas masing-masing malaikat.
Kompetensi
Dasar : 1. Mengenal iman kepada malaikat
Allah
2.
Menganal nama-nama malaikat dan tugas malaikat
Allah
Indikator : 1. Menyebutkan arti iman
2.Menyebutkan tanda-tanda orang beriman kepada malaikat
Allah
3.Menyebutkan nama malaikat dan tugas-tugasnya
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu
menyebutkan nama-nama malaikat Allah dan tugas-tugasnya
2. Meyakini isi rukun iman yang ke 2 (dua) yaitu iman kepada
malaikat
II. Materi ajar :
1.
Iman Kepada
Maliakat
a. Arti iman dan isi Rukun iman yang
kedua
1.
Arti iman
secara istilah dan bahasa
2.
Nama-nama
malaikat dan tugas-tugasnya
3.
Sifat-sifat
malaikat
III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
Strategi Pembelajaran Aktive Learning
Metode
Pembeljaran : Cerita dan Refleksi
aktif
Model
Pembelajaran : Patisipators
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
1.
Guru
Mengucapan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb”
2.
Menyampaikan
kabar
3.
Menyampaikan
gambaran umum tentang materi ajar
4.
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
5.
Motivasi
agar aktif diskusi, dan selalu belajar
serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswa untuk membaca materi ajar dengan
suara lirih, kemudian guru membuat kerangka cerita tentang percakapan antara
malaikat dengan Tuhan ketika Tuhan mencipakaan manusia.
|
15
|
Elaborasi :
1. Cerita
·
Siswa
diminta untuk memperhatikan cerita yang disampaikan oleh guru
·
Guru mulai
bercerita dengan ekspresi triatikal dan gerak tubuh dan suara yang khas
·
Guru mulai
bercerita dengan mengajak siswanya sebagai alat peraga.
2. Refleksi
aktif
·
Bagikan
kartu dengan tulisan 1 (satu) pertanyaan.
·
Mintalah
setiap siswa menulis di buku catatan sesuai
dengan tulisan di kartu yang mereka miliki.
·
Siswa
diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai perintah didalam kertas kecil.
·
Setelah menjawab,
siswa diminta untuk mengekspresikan dengan gerakan didepan kelas
·
Siswa yang
lain berusaha menjawab dengan cara menebak gerakan/gestur teman yang telah
maju kedepan kelas
·
Guru
mengajak siswanya untuk melakukan “tepuk malaikat”
|
20
|
|
Konfirmasi :
·
Mengklarifikasi
hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
·
Guru
bersama siswa berusaha untuk menyimpulkan hasil diskusi dengan model Refleksi aktif
·
Guru
menunjuk salah satu siswanya untuk menyimpulkan cerita
·
Guru meluruskan
alur materi yang telah disampaikan pada waktu itu
·
Memberi
teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
|
Penutup
|
·
Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi diri terhadap hasl
diskusi
·
Post
tes
·
Guru
memberi tugas kepada siswa berkaitan dengan isi QS Al Fiil.
·
Memberikan
informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
Papan Tulis, Spidol,
ATK, Kertas Kecil Ukuran 10 X 5 Cm dengan tulisan penggalan ayat, sejumlah anak
VI. Sumber belajar
1.
Buku Pedoman
PAI :
Muqorabin, dkk, 2008, Pendidikan
Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman, Yogyakarta: Majelis Dikdasmen
PWM Yogyakarta.
2. Al Quran terjemahan / Jus Amma
3. Kepala Sekolah
4.
Pengalaman
Guru
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas individu
2.
Bentuk
penilaian
a.
Penugasan
berupa soal – soal
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
|
Sebutkan 10 malaikat yang wajib diketahui
Malaikat diciptakan dari....
Malaikat yang bertugas menjaga syurga dan neraka
adalah...
|
Jibril, mikail,
munkar, nakir, malik, ridwan, izrail, israfil, rakib, atid
Cahaya/ nur
Ridwan menjaga syurga,
sedangkan malik menjaga neraka
|
10
2
3
|
Nilai = {(10 + 2 + 3)
X 2)} : 3
Nilai = {15 X 2} : 3
Nilai = 30 : 3
Nilai = 10
4.
Penilaian
afektif
a.
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam melaksanakan tugasnya.
b.
Guru
Mengamati siswa dalam hal keaktifan dalam berdiskusi.
c.
Guru
mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang, 15 Agustus 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt
:
Perencanaan :
……………………………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan :……………………………………………………………………………………………………………
Hasil
Pembeljaran :
……………………………………………………………………………………………………………
Tindak
lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar