RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SD MUHAMMADIYAH I ALTERNATIF KOTA
MAGELANG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : II Semester I
Pertemuan ke : 9 (Ke sembilan)
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran ( 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi : 1 Tertanam kesadaran shalat bagi siswa, dan
mampu mema hami, menghafal,
mengaktualisasi ibadah shalat ini dalam
perilaku sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
1. Menampilkan keserasian gerakan shalat
dengan bacaannya
Indikator :
1. Mempraktekkan
gerakan shalat dengan benar
2. mempraktekkan
gerakan shalat secara urut
mulai takbir sampai salam
3. menyerasikan antara gerakan dan bacaan
shalat dengan benar
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Sisa mampu
melakukan gerakan dan bacaan shalat dengan
benar sesuai tuntunan Rasul
2. Siswa memiliki
kesadaran bahwa shalat adalah
kewajiban setiap muslim.
II. Materi ajar :
1. Hal – hal yang berkaitan dengan
shalat
a. Shalat fardhu dan tatacaranya
b. Bacaan shalat dari takbir sampai
salam
c. Bacaan doa ketika hendak shalat
III. Strategi,Metode, dan Model Pembelajaran
Strategi Pembelajaran : Active Learning Strategy
Metode
Pembeljaran : membaca keras dengan
gerakan
Model
Pembelajaran : Klasikal
Langkah-langkah Pembelajaran
Petemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Awal
|
·
Guru
Mengucapan salam “
Assalamu’alaikum wr.wb”
·
Menyampaikan
kabar kepada siswa
·
Menyampaikan
gambaran umum tentang materi ajar
·
Menyampaikan
tujuan dan target pembelajaran terhadap materi
·
Motivasi
agar aktif diskusi, dan selalu belajar
serta memperhatikan guru yang memberi penjelasan tentang materi apapun.
|
10
menit
|
Inti
|
Eksplorasi :
Guru mengajak siswanya untuk membaca sebuah
teks keras-keras ternyata dapat membantu siswa memfokuskan pikiran.
mengajukan pertanyaan, dan menstimulasi diskusi. Strategi Ini agak serupa
dengan pelajaran mengkaji kitab suci. Cara ini memililki dampak berupa
terfokusnya perhatian dan terciptanya kelompok yang padu.
|
15
|
|
Elaborasi :
·
Membaca doa iftitah, alfatihah,
sampai doa tahyatul majid untuk dibaca keras-keras dan
bersama-sama.
·
Perkenalkan
teks itu kepada siswa. Cermati poin-poin atau persoalan utama yang hendak
diajukan.
·
Bagilah teks
itu berdasarkan doanya atau dengan cara lain. Tunjuklah
sejumlah siswa untuk membaca keras-keras beberapa bagian yang berbeda dengan diacak
sesuai gerakan sholat.
·
Ketika
pembacaan sedang berlangsung. hentikan pada beberapa bagian untuk menekankan
poin-poin tertentu, mengajukan pertanyaan, atau memberi contoh. Beri
kesempatan untuk meneruskan bacaan doa kepada siswa yang lain.
Selanjutnya bahaslah apa yang dimuat dalam teks.
|
20
|
|
Konfirmasi :
·
Mengklarifikasi
hasil diskusi bila terjadi kesalahan, apabila ada presepsi yang salah.
·
Guru
bersama siswa berusaha untuk mengulang bacaan dan gerakan shalat secara
bersama sama
·
Guru
menunjuk secara siswa secara acak untuk mempraktekkan didepan kelas/ serambi
masjid.
·
Guru
meminta siswanya untuk memcari kelompok untuk diambil nilai prakteknya
·
Memberi
teguran kepada peserta didik yg
kurang aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
Penutup
|
·
Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi diri terhadap hasl
diskusi
·
Post
tes
·
Guru
memberi tugas kepada siswa berkaitan dengan Bab shalat fardhu
·
Memberikan
informasi materi yang akan datang
|
10
menit
|
V. Alat (Bahan) :
Papan Tulis, Spidol, ATK, kertas karton ukuran
90 X 50 Cm, Serambi masjid.
VI. Sumber belajar
1.
Muqorabin,
dkk, 2008, Pendidikan Agama Islam Panduan Anak Shalih Berakhlaq Kariman,
Yogyakarta: Majelis Dikdasmen PWM Yogyakarta.
2.
Al Quran
terjemahan / Jus Amma
3.
Buku Kuliah
Akhlaq
Ilyas, Yunahar,2005, Kuliah
Akhlaq, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
4.
Kepala
Sekolah
5.
Bahan dari
artikel Internet
6.
Pengalaman
Guru
7.
Majelis
Tarjih, HPT (Himpunan Putusan Tarjih), PP Muhammadiyah, Jogjakarta
VII.Evaluasi
1.
Jenis
tagihan : tugas kelompok
2.
Bentuk
penilaian
a.
Penugasan
berupa praktek sholat
b.
Pengamatan
terhadap keaktifan anak dalam mengikuti pelajaran
3.
Bentuk
Instrumen
Soal :
NO
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Buatlah kelompok untuk melakukan shalat berjamaah
|
Siswa praktek shalat berjamaah dengan dengan komposisi imam
dan makmum
|
10 - 100
|
Nilai = skor antara
10 - 100
4.
Penilaian
afektif
·
Guru
mengamati keaktifan siswa dalam setiap kelompok..
·
Guru
Mengamati siswa dalam hal gerakan shalat, bacaan shalat.
·
Guru
mengamati tentang tugas rumah yang telah diberikan kepad siswanya.
Kepala Sekolah
SD Muhammadiyah 1 ALT
Salamun,S.Ag,M.Pd.I
NIP
: 1973 0719 1996 03 1 001
|
Magelang, 16 Juli 2013
Guru
Pengampu
Luqman Novianto, S.Pd.I
NBM : NBM : 984 834
|
Catt
:
Perencanaan :
……………………………………………………………………………………………………………
Pelaksanaan :……………………………………………………………………………………………………………
Hasil
Pembeljaran :
……………………………………………………………………………………………………………
Tindak
lanjut :
Remidi/pengayaan ????
Tidak ada komentar:
Posting Komentar